RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Novice.
Kode Standar Kompetensi : A
Kompetensi Dasar : 1.1 Memahami ungkapan-ungkapan
dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan.
Indikator : Berbagai ungkapan dan kalimat dengan
menggunakan pola Simple Present
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
A. Membuat dan menggunakan
kalimat dengan pola Simple Present dalam kehidupan sehari- hari dengan baik.
II.
Materi Pembelajaran
Simple Present Tense
Simple present tense adalah sebuah tenses untuk
menyatakan atau mengungkapkan kegiatan / aktifitas yang sering kita lakukan
sehari-hari, misalnya makan, minum, sekolah, kerja, ataupun kegiatan lainnya
Simple present tense dapat ditulis dengan rumus sbb
Simple present tense dapat ditulis dengan rumus sbb
Kalimat verbal:
Kalimat bentuk positif (+) S + V1 (s/es)
Kalimat bentuk negatif (-) S + Do/Does + Not + V1
Kalimat bentuk tanya (?) Do/Does + S + V1
Contoh kalimat bentuk simple present tense :
(+) She eats noodles everyday
(-) She does not eat noodles everyday
(?) Does she eat noodles everyday?
Kalimat bentuk positif (+) S + V1 (s/es)
Kalimat bentuk negatif (-) S + Do/Does + Not + V1
Kalimat bentuk tanya (?) Do/Does + S + V1
Contoh kalimat bentuk simple present tense :
(+) She eats noodles everyday
(-) She does not eat noodles everyday
(?) Does she eat noodles everyday?
( + ) They go to school
every morning
( - ) They don't go to
school every morning
( ? ) Do they go to school
every morning ?
Untuk penggunaan do/does tergantung pada subject yang digunakan pada suatu kalimat present tense yang kita buat.
I, You, We, They = Do
She, He, It, Andi, Ani, Ari = Does
Bila subject kalimatnya He,
She dan It maka verb pada kalimatnya harus ditambah s/es
Kalimat nominal:
Kalimat bentuk positif
(+) S + tobe(is, am, are ) + adj/adv/N
Kalimat bentuk negatif
(-) S + tobe(is, am, are ) + not + adj/adv/N
Kalimat bentuk tanya (?) tobe (is, am, are )+ S + adj/adv / N
Kalimat bentuk tanya (?) tobe (is, am, are )+ S + adj/adv / N
Contoh kalimatnya:
( + ) You are a student
( - ) You aren't student
( ? ) are you a student?
note : tobe is untuk
subject: He, She, It
tobe am untuk subject I
tobe are untuk subject You, They, We
Note: keterangan waktu yang
dipakai dalam Simple Present Tense: everyday, every morning, every night, etc
dan sering juga digunakan adverb seperti: always (selalu), often (sering),
usually (biasanya), sometimes (kadang-kadang), seldom (jarang), never (tidak
pernah).
III. Metode Pembelajaran :
Metode Pembelajaran : Concept
sentence
Metode : Ceramah , Tanya jawab , diskusi , Penugasan
IV.
Langkah – Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal : ( 5 menit )
1. Apersepsi :
1.
Guru membuka pelajaran dengan doa.
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa dan memberikan motivasi
Nilai PBKB yang diharapkan : Religius, Disiplin, Bertanggungjawab
2. Motivasi :
1.
Guru menjelaskan materi yang akan dibahas.
2.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Nilai PBKP yang
diharapkan : Rasa ingin tahu
B.
Kegiatan Inti : (35 menit )
1. Eksplorasi : ( 5 menit )
1. Guru memutarkan video
untuk menggambarkan pola penggunaan
Simple Present kepada siswa.
Nilai PBKB yang diharapkan : Komunikatif
2. Elaborasi : (25 menit )
1. Guru menjelaskan dan memberikan contoh
kalimat bentuk Simple Present Tense.
2. Guru membentuk kelompok yang anggotanya kurang lebih 4 orang secara
heterogen
3. Menyajikan beberapa
kata kunci sesuai materi/ topik yang disajikan.kepada tiap kelompok yang telah
dibuat oleh siswa.
4. Tiap kelompok disuruh membuat kalimat dengan
menggunakan kata kunci yang telah diberikan oleh guru.
5. Tiap kelompok yang dapat membuat kalimat yang
benar mendapat point.
6. Kelompok yang mendapat point terbanyak akan
diberi penghargaan.
Nilai PBKB yang diharapkan :
Kreatif, Kerja keras, Mandiri, Komukatif , Santun, Rasa ingin tahu
3. Konfirmasi : ( 5 menit )
1. Perwakilan kelompok menyampaikan kalimat yang
telah dibuat dihadapan guru secara bergantian
2. Guru mengevaluasi bila masih terdapat
kesalahan
Nilai PBKB yang diharapkan : Kreatif, Kerja keras, Mandiri,
Komunikatif, Jujur, Toleransi, Menghargai Prestasi
C. Kegiatan Penutup : ( 5
menit )
1.
Mengevaluasi hasil kerja siswa.
2.
Bersama murid menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
Nilai PBKB yang
diharapkan : Toleransi, Menghargai Prestasi, Komunikatif, kreatif
Kunci jawaban :
Sesuai dengan jawaban siswa
Score :
Tiap gambar mempunyai score 4
point
VI.
Alat dan bahan
1.
Power Point
2.
LCD
3.
Video
4.
Speaker
5.
Gambar
VII. Sumber belajar
1.
Buku Bahasa Inggris SMK kelas X
Bojonegoro , Juli 2013
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MOLYONO, M.M.Pd NURUL MIFTACHUL
ANDRIYANTI,S.Pd
NIP
: 19730407 199802 1 002
Ijin copas mba buat tugas :D
BalasHapusijin
BalasHapusijin copas :D
BalasHapusizin kopas
BalasHapusijin mbak
BalasHapus